Support & Downloads

Download aplikasi reseller terbaru kami.

Gabung channel telegram kami.

Contact Info
Indonesia (+62) 85812940317 admin@resellerindo.com Danau Sentani, Malang
Folow us on social
Tips Membuat Facebook Ads Manager

Facebook Ads Manager: 3 Langkah Kampanye Win-win

Mana yang biasa Anda gunakan? Facebook Ads Manager atau Instagram Ads?

Keduanya emang punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri ya. Kalau emang Anda butuh pengaturan yang simple dan nggak perlu insight, pakai aja Instagram Ads.

Tapi, Facebook Ads Manager penting banget buat Anda yang mau mengembangkan bisnis dan tracking semua metrik iklan.

Sayangnya. nggak banyak orang yang tau dan menguasai Facebook Ads Manager. Artinya, mereka nggak bisa memanfaatkan semua fasilitas yang ada di fitur facebook ini.

Tapi tenang, kita udah ikut kursus di beberapa sumber luar negeri dan merangkumnya buat Anda.

So, check itu out ya …

Dunia marketing social media, termasuk Facebook dan Instagram dipengaruhi beberapa update penting.

Untuk memperbesar peluang win-win campaign, Anda harus mengikuti update yang ada di masing-masing platform.

Kunjungi blog Resellerindo ya biar Anda selalu update tentang perkembangan social media saat ini.

Blog Resellerindo

Facebook Ads Manager: Panduan + Trik

Kayak yang kita bilang tadi, ada banyak banget sumber untuk belajar Facebook Ads Manager. Sayangnya, nggak jarang juga tips dan trik itu gagal diaplikasikan.

Jadi, setelah beberapa kali kita lakukan split hasil, ada 4 element penting yang harus Anda perhatikan.

Membuat Akun Facebook Ads Manager

Meski gabung jadi satu sama Facebook, nggak berarti kalau Anda bisa langsung pakai Facebook Anda buat setting di fitur Facebook marketing ini ya.

Artinya, Anda harus daftar pakai akun Facebook Ads Manager ya …

Gini nih caranya:

  • Masuk ke halaman Facebook > Klik icon Panah Ke Bawah di bagian pojok kanan atas.
  • Klik Create Ads / Beriklan di Facebook
Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

  • Otomatis Anda Facebook bakal langsung men-generate akun Anda > Masuk ke halaman Facebook Ads Manager

Saran kita sih, pakai laptop atau komputer ya biar semua tracking nya kelihatan. Dengan begini, Anda nggak bakal bingung dan langsung connect ke bagian apa yang Anda inginkan.

Kenali Fitur FAM

Jangan bingung ya. Di FAM cuman ada 5 fitur utama yang muncul dalam halaman itu, yatu Plan, Create & Manage, Measure & Report, Assets, dan Setting.

Kalau Anda udah pernah bikin iklan, maka bakal muncul satu fitur lagi dengan nama ‘Frequently Used’. Jadi. Anda bisa menemukan tools dan kriteria yang paling banyak Anda pakai dalam bikin iklan.

Masih bingung fungsinya masing-masing ya? Oke deh, kita bakal bahas lebih detail lagi ya …

Plan

Bagian ini berisi tentang semua tools yang bantu Anda buat mempelajari tentang Audience dan kasih Anda ide waktu bikin konten iklan.

Jangan lupa, ada juga fitur dengan nama Audience Insight, dimana Anda bisa mencari tau tentang macam-macam customer di Facebook.

Contohnya, Anda ingin meneliti siapa aja yang suka Facebook Anda. Dengan begini, Anda bisa langsung connect ke Page Facebook.

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Kalau satu metrik itu udah Anda isi, maka otomatis bakal langsung ada data yang keluar. Kita masih ambil data yang tadi ya, yaitu Page Like. Maka, data nya bakal kayak di gambar berikut ini.

Nah bisa dilihat sendiri kan kalau kebanyakan audience kita adalah perempuan. Jadi, iklan yang kita tembak juga harus bergaya perempuan.

Selain itu, dilihat dari sisi demografi, Anda juga bisa melihat jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, sampai status perkawinan.

Kalau mau lebih lengkap lagi, klik menu Audience Insight dan lihat per tab nya ya. Anda bisa melihat lebih lengkap tentang Page Likes, Demographics, Location, sampai Income atau Gaji.

Selengkapnya, silahkan mencoba sendiri fitur yang ada sesuai dengan konsentrasi bisnis dan iklan yang bakal Anda bikin ya.

Contoh, masuk dalam bagian Interest, Connection, Age, dan lain sebagainya. Jadi, Anda bisa bikin iklan sesuai dengan target yang ada dengan lengkap dan detail.

Ngerti kan ya?

Bikin dan Sesuaikan [Create & Manage]

Di bagian ini, Anda bisa menemukan akses tools untuk bikin dan mengatur iklan dalam kampanye Anda.

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Lengkapnya, Anda akan diminta untuk memilih salah satu dari pilihan di bawah ini ya.

  • Business Manager: Kalau Anda adalah agensi yang dibantu banyak team, lebih baik pakai fitur ini ya. Anda bakal terbantu untuk bikin struktur dan organisasi team Anda. Tools management ini bisa Anda dapatkan kalau udah daftar dengan plan ini.
  • Ads Manager: Kalau Anda adalah single player yang menjalankan iklan sendirian, opsi Ads Manager adalah pilihan yang tepat. Gunanya, spesifik buat menjalankan iklan dan meneliti data yang Anda punya di iklan. Bahkan, Anda juga bisa menikmati akses ke Facebook Pixel, Download Data, sampai Setting Custom.
  • Page Posts: Fitur satu ini bikin kamu bisa melihat mana aja konten yang punya interaksi terbanyak. Anda bisa melihat beberapa jenis konten, yaitu Ads, published, serta scheduled. Bahkan metrik-metrik penting kayak Reach, total klik, dan PPTP juga bisa Anda lihat dengan detail.
Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

  • Power Editor: Kalau mau bikin konten iklan yang keren banget, kita sarankan pakai fitur ini ya. Tools ini punya banyak fitur dan opsi waktu bikin konten kayak bisa memperbanyak karakter dalam heading dan lainnya.
  • App Ads Helper: fitur ini sih khusus buat mereka para developer yang mau menggiring traffic buat download aplikasi.
  • Automated Rules: Fitur ini bisa Anda pakai khusus buat kasih rules atau peraturan waktu bikin konten iklan. Jadi, kalau ada syarat yang dilanggar, maka sistem Facebook bakal otomatis melakukan aksi. Contoh, Anda udah nge-set budget maksimal 20 ribu per hari. Jadi, iklan bakal langsung berhenti kalau udah mencapai 20 ribu.
NB:

Gampang kan ya.

Saran kita sih, batasi limit iklan per hari seminimal mungkin sambil melakukan riset tentang iklan yang Anda bikin itu.

Kalau emang udah menemukan pattern atau formula yang tepat buat iklan itu, baru Anda bisa memperbesar lagi budget biar hasilnya juga makin maksimal.

Perlu Anda tau, iklan di Facebook juga tergantung dengan jumlah Fanspage Likes.

Makin banyak likes yang Anda punya, makin besar peluang untuk mendapatkan customer dengan iklan Facebook ini.

Algoritma dan sistemnya juga udah mencatat metrik ini sebagai salah satu metrik yang paling dominan.

So, klik tombol di bawah ini untuk menambah likes fanspage Anda dengan otomatis ya …

Join Resellerindo

Measure & Report

Kalau Anda mau melakukan analisa atau tracking, Facebook udah menyediakan fitur dengan nama Measure & Report. Dengan ini, Anda bisa melihat mana iklan yang berhasil dan sesuai dengan tujuan dan mana yang nggak pas.

Untuk memaksimalkannya, langsung aja pakai beberapa fitur keren ini ya.

Ads Reporting

Fitur ini bisa Anda pakai untuk bikin laporan tentang iklan yang pernah Anda bikin. Bahkan, Anda juga bisa pakai filter date atau tanggal untuk melihat perkembangan dan report iklan yang Anda bikin sebelumnya. Dengan meneliti iklan-iklan ini, Anda bisa jadi lebih baik dalam planning iklan di kemudian hari.

Bahkan, tab ini juga penting banget buat Anda kalau mau compare kampanye iklan yang paling penting buat Anda. Contoh, Anda bisa melakukan filter buat menampilkan iklan dengan conversion rate tertinggi atau CTR terbesar.

Pelajari, temukan pattern atau formulanya, lalu make it better biar tambah nendang iklan berikutnya.

Custom Conversion

Kalau Anda pakai Facebook Pixel, pasti udah nggak bingung lagi dengan apa yang Anda dapatkan ini. Facebook Pixel punya tools untuk melakukan tracking aksi yang dilakukan audience kayak melihat konten atau beli produk Anda.

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tapi dengan Facebook Pixel Conversion, Anda bisa melakukan tracking tentang tujuan spesifik yang Anda mau. Dengan fitur yang ada di Custom Conversion, Anda bisa bikin custom conversion dan melihat nya lagi untuk dianalisa.

Pengaturannya sih lumayan rempong banget ya. Apalagi kalau Anda belum pernah pakai Facebook Pixel sebelumnya. Jadi, kita bakal bahas tentang Facebook Pixel ini sendiri ya.

Analytics

Sesuai dengan namanya, fitu satu ini bakal bantu Anda untuk melihat analisa data dari Facebook Pixel dan halaman website Anda. Jadi, fitur satu ini bakal jadi fitur yang nggak ternilai harganya untuk bikin iklan terus berkembang.

Asset

Eits tunggu dulu. Jangan pikir kalau Asset ini dalam bentuk uang perusahaan ya. Asset ini adalah segala yang berhubungan dengan iklan Anda. Contohnya kayak spesifikasi audience, foto yang pernah Anda pakai sebelumnya, Facebook Pixel, dan lain sebagainya.

Kita bakal memperjelas satu per satu ya.

Audience

Di menu ini, Anda bisa melihat semua metric tentang Audience atau pemirsa. Baik yang Anda bikin di masa lalu maupun untuk masa depan.

Kalau Anda bikin buat masa depan, aksesnya ada di Saved Audience ya.

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Lengkapnya, facebook kasih Anda 3 pilihan utama, yaitu Custom Audience, Look-alike Audience, dan Saved Audience. Nah, tinggal mana yang cocok dengan kampanye iklan Anda saat ini, itulah yang harus Anda pilih ya.

Contoh nih, Anda bisa pilih jenis custom audience sesuai dengan kriteria yang udah disediakan Facebook kayak Customer File, Website Traffic, sampai konten yang paling banyak dapat interaksi atau Engagement on Facebook.

Setelah itu, ikuti aja petunjuk yang ada di Facebook ya. Contoh, kalau Anda pilih Engagement on Facebook, maka Anda akan disuguhi 4 pilihan, yaitu Video, Lead, Canvas, dan Page dengan keterangan masing-masing.

Kalau udah pilih salah satu dari 4 opsi di atas, Anda harus pilih audience yang lebih spesifik lagi.

Artinya, custom audience ini bisa Anda manfaatkan untuk iklan yang ditujukan untuk audience dengan kriteria yang udah Anda bikin sebelumnya. Kalau look-alike audience itu lebih ke target orang yang punya karakter dan behaviour sama dengan audience yang udah berinteraksi dengan Anda.

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Jadi kalau Anda pilih Look-alike Audience, Anda harus mencantumkan sumber, lokasi serta ukuran audience ya.

Images

Nah ada lagi nih menu yang bisa dikatakan sebagai element utama dari iklan. Iklan nggak bakal ada artinya tanpa gambar.

Kalau Anda masuk ke menu ini, Anda bisa melihat konten gambar yang pernah Anda upload sebelumnya. Tentunya, dibarengi juga dengan kampanye terbaru ya.

Kalau emang Anda butuh konten baru, langsung aja upload yang baru ya. Udah ada tombolnya sendiri kok.

Pixels

Ini dia salah satu metric terpenting untuk para social media marketer. Klik aja opsi Pixel untuk install Pixel dimanapun yang Anda mau.

Kalau udah, Anda bisa melakukan tracking data dan perkembangan Pixel yang Anda tancapkan ke bagian tertentu itu.

Nah dengan analisa ini, Anda bisa bikin iklan Facebook tertarget. Contoh aja, ada panduan Anda yang keren banget dan rame dikunjungi banyak orang. Jadi, Anda bisa meningkatkan pembaca dengan membuatnya sebagai materi yang bisa didownload. Syaratnya, calon pembaca yang mau download harus kasih email dulu. Artinya, sama dengan meningkatkan jumlah prospek kan?

Offline Event

Kayak namanya, fitur ini bantu Anda buat tracking semua metric yang terjadi di luar Facebook. Mungkin aja sih ya, customer itu datang ke online shop Anda gara-gara iklan di Facebook dan Instagram.

Untuk meningkatkan jumlah pembeli, Anda bisa upload data customer yang udah beli tadi dengan database yang ada di Facebook. Cara ini bikin Anda PD untuk pasang iklan dengan spesifikasi tertentu.

Kita tau bener kalau bikin konversi itu suliy banget. Tapi, nggak ada yang sia-sia kalau Anda bisa bikin funnel buat masing-masing kampanye. Dengan begini, Anda bisa menghitung sendiri apakah kampanye iklan yang Anda bikin itu udah pas atau belum.

Product Catalogs

Kalau emang bisnis Anda dalam bentuk produk fisik, tentu Anda butuh catalog untuk meyakinkan customer. Sejauh yang kita tau sih, brand-brand besar yang main katalog adalah produk fisik, hotel, penerbangan dan travel.

Perlu Anda tau satu hal rahasia penting. Cara kerja iklan dynamic di Facebook Ads Manager adalah dengan menunjukkan catalog Anda ke potential customer sesuai dengan interaksi yang Anda dapatkan dengan customer sebelumnya.

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Anda bisa langsung bikin katalog produk di Menu Product Catalogs dan ikuti petunjuk dari Facebook ya. Kalau catalog Anda udah jadi dan berkembang, Anda bakal mendapatkan insight yang powerful banget buat memasarkan produk secara efektif.

Setting

Kayak aplikasi pada umumnya, Setting adalah tempat dimana semua info tentang akun Anda disimpan. Terlebih, Anda juga bisa menemukan beberapa fitur dan menu penting disini, yaitu Ad Account Setting, Billing and Payment Methods, serta Business Setting.

Pelajari Tabs di Facebook Ads Manager

Kayak yang Anda lihat waktu login tadi, ada beberapa tab yang punya tugas dan fungsi beda-beda. Paling tidak sih ada 4 tab penting yang harus Anda pahami dengan isinya, yaitu Account Overview, Campaign, Ad Set, dan Ads.

Apa maksudnya? Yuk kita belajar bareng …

Overview

Namanya aja overview ya, yang pasti isinya tentang performa iklan-iklan terbaru Anda secara garis besar.

Anda bisa melihat grafik dengan angka yang berbeda waktu Anda arahkan pointer sepanjang grafik tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa melihat 4 tab utama dalam menu ini, yaitu Reach, Impression, Amount Spent, Link Clicks.

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Untuk mempermudah, Anda bisa pakai fitu filter yang disediakan. Anda bisa memilih berdasarkan Delivery, Objective, Billing Event, sampai Date Updated.

Campaigns, Ads Set, Ads

Ketiga fitur ini nggak bisa dipisahkan. Fakatanya, Kampanye atau Campaign itu terdiri dari beberapa Ads Set. Sementara itu, Ads Set adalah kumpulan beberapa Ads atau iklan.

Nangkep kan ya?

Selain itu, Anda tentu udah tau kalau mengembangkan ide dan strategi marketing itu nggak semudah apa yang kita lihat.

Anda harus mendedikasinya banyak waktu, tenaga dan pikiran untuk menghasilkan iklan yang benar-benar berhasil dan efektif. Anda perlu tau yang namanya CTR, Cost per Conversion, dan lain sebagainya.

Anda bisa melihat atau tracking performa iklan Anda di menu Campaign, Ads Set dan Ads ini. Pilih tab dari group yang mau Anda analisa dan filter dengan memilih metric sesuai dengan keinginan.

Bahkan kalau mau lebih keren dan detail lagi, Anda bisa klik Columns, dan pilih salah satu metric yang Anda inginkan. Mulai dari Performance, Delivery, Engagement, Video Engagement, App Engagement, dan masih banyak lainnya.

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Tips Membuat Facebook Ads Manager

Kalau perlu, perketat lagi filter dengan menambah element atau metric yang ada. Contoh aja, kayak kapan konversi paling banyak terjadi atau bisa juga device apa yang paling banyak digunakan oleh audience Anda buat menyumbang CTR.

Sementara itu, Anda juga bisa save Report yang barusan Anda analisa. Tinggal klik aja tombol save, kasih nama Report itu, dan klik Save.

Bikin Iklan di Facebook Ads Manager

Bukan rahasia lagi deh di kalangan marketer Facebook kalau iklan itu punya 3 proses utama. Paling tidak, ada Campaign, Ads Set dan Ads yang benar-benar dilihat oleh viewers.

Cara bikin iklan juga gampang banget kok. Ada itu kan tombol warna hijau di pojok kanan atas dengan label Create Ads atau Buat Iklan. Klik aja dan kamu bakal langsung diarahkan ke halaman bikin iklan.

Otomatis, pertama yang bakal muncul adalah Marketing Objective. Ada sekitar 10 objective yang bisa Anda pilih.

Setelah itu, masuk aja langsung ke bagian kolom Ad Set, dimana Anda bisa setting dan menentukan Audience yang pas buat iklan sekarang ini.

Tapi kalau Anda udah punya target sendiri yang di save kayak yang kita bilang tadi, langsung aja klik tombol ‘Saved Audience’. Oh iya, jangan lupa juga buat isi placement ya, entah itu mau Anda kirim di Instagram atau di Facebook aja.

Selanjutnya, Anda juga harus menyambungkan akun Instagram atau Facebook mana yang Anda kehendaki buat posting iklan itu. Setelah itu, pilih juga jenis iklan yang sesuai dengan kemauan Anda, bisa dalam bentuk Carousel, Single Post, atau bahkan Single Video.

Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Canvas untuk gambar animasi yang lebih menarik. Tambahkan juga texting yang menarik sebagai caption atau deskripsi ya. Usahakan bikin yang pendek tapi mengena daripada kepanjangan tapi nggak efektif.

Jangan lupa review dulu iklan itu sebelum benar-benar kamu kirim. Kalau udah yakin fix, langsung aja klik tombol ‘Kirim’.

Yakin masih mau membuang peluang emas ini sia-sia?

Kapan lagi Anda bisa menambah ribuan Fanspage Likes hanya dalam waktu 30 hari!

Cuman di Resellerindo, semua kampanye marketing dan social media Anda bakal terbantu 200% lebih cepat!

Mumpung pendaftaran masih kita buka, yuk langsung join jadi member Resellerindo!

Udah ada 141.967 orang yang pakai Resellerindo! Kita bakal tutup pendaftaran sementara kalau jumlah pendaftar udah mencapai 142,000!

So, tinggal 33 slot lagi!

Klik tombol di bawah ini buat join di Resellerindo ya …

Join Resellerindo

Kesimpulan

Cara membuat iklan di Facebook Ads Manager ternyata nggak ribet. Cuman butuh beberapa skill teknis aja tentang pembuatan dan juga gimana melakukan analisa sesuai dengan metric yang diperlukan.

Iklan nggak cuman urusan seberapa besar budget yang kamu punya buat bikin iklan itu. Tapi, iklan lebih pada pengetahuan teknis dan analisa yang mendalam tentang apa yang Anda lakukan.

Dengan begini, Anda bisa mengukur sendiri seberapa efektif iklan yang Anda bikin berdasarkan tujuan atau objective brand dan marketing Anda.

Selain itu, Anda harus terus melakukan inovasi marketing baru agar campaign Anda juga bisa maksimal dan terus berkembang.

Just a nerd having obsessed by SEO, Website, Internet Marketing, and SaaS.

shares

Privacy Preference Center

Balas chat
Halo kak, Ada yang bisa dibantu?