Support & Downloads

Download aplikasi reseller terbaru kami.

Gabung channel telegram kami.

Contact Info
Indonesia (+62) 85812940317 admin@resellerindo.com Danau Sentani, Malang
Folow us on social
Tips dan Tricks Instagram Live

Instagram Live? Panduan Membuat dan Tips

Panduan Lengkap dan Tips & Tricks Membuat Instagram Live

Hai, Sahabat Social Media

Sebel banget nggak sih kalau bikin Instagram Live tapi yang lihat dikit banget? Giliran story aja yang liat banyak banget. Padahal, di Instagram Live ini Anda mau menyampaikan hal yang penting dan meningkatkan penjualan.

Pasti auto gagal deh kalau nggak ada yang lihat!

So, gimana kalau kita kasih panduan dan tips & tricks Instagram Live biar konten Anda makin hidup?

Dalam pembahasan kali ini, Anda akan belajar:

  • Kenapa harus Instagram Live?
  • Ide & Event membuat Instagram Live?
  • Cara Membuat Instagram Live
  • Tips & Tricks Instagram Live
    1. Plan dan Persiapan Konten Instagram Live
    2. Promosikan Instagram Anda
    3. Lakukan Preview Instagram Live
    4. Praktekkan Instagram Live
    5. Posting Instagram Live

Kenapa Harus Pakai Instagram Live?

Apakah Anda tau alasan untuk pakai Instagram Live?

Tentunya, alasan Anda mendukung tercapainya strategi Instagram live yang Anda bikin. Terus, kenapa pakai Instagram Live kalau nggak tau gunanya dan tujuannya.

Apakah Anda cuman ikut-ikutan teman aja pakai Instagram Live? Padahal di luar sana, 90% user pakai Instagram Live untuk bisnis! Bahkan, konversi yang dihasilkan dari kampanye Instagram Live ini juga tinggi banget!

Setidaknya, ada 3 alasan penting kenapa Anda harus pakai Instagram Live:

  1. Bikin akun Instagram makin update. Waktu Anda melakukan Live, followers Anda akan dapat notifikasi. So, 60% user bakal langsung check dan ikut join ke Live itu. Asalkan, cover dan deskripsi yang Anda gunakan menarik.
  2. Memaksimalkan strategi FOMO (Fear of Missing Out). Jadi, mereka bakal cepat-cepat check akun Anda karena takut bakal ketinggalan info.
  3. Blasting hasil Live. Simpan hasil Instagram Live itu, terus post sebagai Instagram Story dengan hashtag, sticker, dan elemen lain yang menarik. Dengan begitu, Anda bisa menggiring traffic yang lebih banyak, termasuk mereka yang nggak follow Anda.

Ide untuk Membuat Instagram Live

Bingung konten apa yang pas buat Instagram Live karena terbatasnya fitur?

Emang sih ada banyak perbedaan Instagram Live dan Instagram Story yang kelihatan banget! Salah satunya, fitur Instragram story melimpah banget. Sementara itu, Instagram Live cuman dilengkapi dengan beberapa fitur yang terbatas.

Jadi, ide Anda juga terbatas karena keterbatasan fitur ini. Terus, gimana cara membuat Instagram Live yang menarik?

Ide Instagram Live untuk bisnis

Tenang dong! 5 ide Instagram Live ini bisa Anda optimalkan dan maksimalkan:

  • Promosi Diskon: Punya event promo kayak promo 12.12 dll? Atau, punya produk yang baru launching? Langsung aja bikin Instagram Live!
  • Perayaan atau selebrasi: Jangan lupa juga buat Live Instagram waktu ada perayaan atau selebrasi dari kantor, rumah, atau sekolah Anda.
  • QA dan FAQ: interaksi langsung dengan audience dan followers dengan baca QA dan FAQ. Ajak mereka untuk bertanya dan jawablah dengan langsung.
  • Tujukkan detail aktivitas: So, brand Anda bakal terasa lebih hidup dan ‘human’. Aspek ini paling efektif untuk marketing sehingga produk akan makin laris manis.
  • Kolaborasi: Biasanya, banyak selebgram yang collab di Instagram Live. Fresh traffic, popularitas, dan brand awareness bisa langsung meningkat drastis dengan strategi ini.

Mantap kan?

Gimana kalau sekarang kita langsung wujudkan mimpi itu jadi kenyataan? Nggak usah nunggu lama-lama deh, langsung sikat aja!

Cara Membuat Instagram Live

Sebenarnya, cara membuat Instagram Story itu mudah banget! Tapi kalau nggak dioptimasi dulu, bisa dipastikan kalau konten Instagram Live Anda bakal sepi dan nggak menarik.

So, gimana sih cara membuat Instagram Live yang bisa dapat reach efektif?

  1. Buka Instagram dan arahkan ke halaman Feed / beranda
  2. Klik icon kamera yang ada di pojok kiri atas ya
  3. Geser Mode menjadi Mode Live
  4. Klik “Start Instagram Live” dan pilih pengaturan yang tepat
  5. Tambahkan jumlah “Hide” atau “Sembunyikan” jika takut ada spammer yang mengacaukan acara Anda
  6. Atur posisi kamera sesuai dengan angle yang Anda inginkan. Biasanya sih pakai close up ya. Tapi Anda juga bisa shoot medium atau far shot.
  7. Mulai Live dan jangan nervous ya!
  8. Selesai Live, jangan lupa buat di repost di Instagram Story dan di-save ya.

NB:

Selama Live pastikan untuk menyimpan poin penting jika viewersnya masih sedikit! Lakukan aja basa-basi dengan viewers untuk menunggu yang lain hingga jumlahnya cukup.

Hidupkan aja “Turn off commenting” kalau Anda mau fokus dan nggak ada gangguan selama Live berlangsung.

Amati juga respon viewers yang lagi nonton. Jangan sampai mereka tuh bosen sama konten Anda ya.

Tips Membuat Instagram Live

Hosting atau bikin Instagram Live secara langsung tanpa persiapan bisa jadi boomerang! Padahal, Instagram Live itu prospek banget buat menjalin hubungan dan interaksi dengan customer dan viewers.

Instagram Live adalah cara yang paling otentik dan efektif untuk share sebuah pengalaman atau bahkan produk baru, sales, atau launching produk yang terbaru.

Terus, gimana cara membuat Instagram Live yang bagus? Apalagi, Anda mungkin aja belum pernah coba sebelumnya.

Tenang aja! Anda berada dalam kawasan yang aman! Scroll ke bawah aja untuk mengetahui trik dan tips membuat Instagram Live yang berkualitas:

  1. Lakukan planning dulu
  2. Promosikan Instagram Live Anda
  3. Preview dulu hasil Instagram Live
  4. Praktekkan!
  5. Post Instagram Live Anda!

Buat Plan Instagram Live

Hal pertama yang paling penting untuk membuat Instagram Live adalah membuat plan atau rencana. Rencana ini lah nantinya yang bakal bikin kamu kelihatan makin pro.

Cara Membuat Instagram Live

Ini nih cara membuat plan untuk Instagram Live:

  1. Temukan Spot dengan cahaya yang cukup
  2. Rencanakan dulu mau Live jam berapa
  3. Lingkari di kalendar biar nggak lupa
  4. Cari topik yang pas dengan moment itu
  5. Tulis kunci dari konten Live bakal Anda bikin

Instagram Live tanpa followers yang banyak kesannya bakal nggak efektif. Dengan begitu, branding Anda juga bisa makin trusted.

Ditambah lagi, makin banyak followers, makin banyak juga yang bakal melihat Live itu. Artinya, peluang untuk closing juga makin besar.

Untungnya, kini menambah followers bisa jauh lebih cepat dengan Resellerindo. So, Anda nggak kehilangan peluang sebelum traffic itu diambil kompetitor.

Penasaran caranya?

Klik tombol berikut ini untuk membongkar rahasia ini ya.

Mau Coba ...

Promosikan Instagram Live

Membuat Instagram Live nggak berarti sebatas ngomong di depan kamera. Anda juga harus melakukan promosi Instagram Live yang Anda bikin.

Kalau udah selesai bikin planning, latihan yang cukup, dan menguasai materi, waktunya sikat!

Bikin broadcast untuk memaksimalkan jumlah user atau viewers yang mau menonton video Instagram Live Anda.

Coba deh buat design yang keren dan menarik serta warna brand! Bukan cuman di Instagram Live waktu broadcast aja, pastikan juga share di Instagram Story dan Feed jauh hari sebelumnya.

Preview Instagram Live

Apa Anda benar-benar merasa nervous? Atau nggak PD tentang penampilan selama Instagram Live?

Kalau emang iya, nggak salah kok. Anda cuman perlu terbiasa dengan itu. So, coba deh shoot video pendek untuk latihan dan lihat hasilnya.

Lakukan terus menerus hingga Anda siap. Kalau masih malu di lihat keluarga dan teman, lakukan aja di kamar mandi. Haha.

Terus, jangan lupa buat share video pendek itu sebagai thriller ya.

Waktunya Praktek Instagram Live

Kapan waktunya praktek yang tepat?

Kebanyakan praktisi sih ngomong kalau praktek Instagram Live ini sebaiknya dilakukan 24 jam sebelumnya. Atau yang lebih bagus lagi sih, Anda praktek tiap hari sampai bener-bener hafal betul!

Jangan lupa juga siapkan kertas dan note dalam bentuk poin-pon bullet aja ya. Itu sih kalau Anda kurang PD atau masih nervous. Kalau udah PD, ya lakukan aja natural kayak tanya jawab biasa.

Cara Membuat Instagram Live

Meskipun udah PD, jangan sampai nggak latihan ya. Takutnya, nanti Anda keburu dan hilang fokus. Jadi, nggak bisa flow deh!

Faktanya, nggak ada tombol back kan di video itu? Jadi, kalau sampai blank ya nggak lucu lah! Haha

Coba juga deh latihan pakai tongue twister atau ungkapan-ungkapan alternatif yang bisa Anda gunakan waktu lupa.

Post Instagram Live

Nah, udah lega kan?

Jangan lupa simpan ya video itu! Nggak cuman berguna buat memperbanyak posting di IG TV atau Instagram feed, video Instagram Live ini juga punya peran penting untuk marketing.

Dengan adanya video simpanan itu, Anda bisa melakukan retargeting tentang tujuan Anda di Instagram Live.

Selain itu, revisi untuk materi selanjutnya juga bisa Anda lakukan dengan berdasarkan pada pengalaman itu secara langsung. Jadi, Anda nggak buang-buang peluru dan waktu untuk menyusun ulang plan. Cukup pakai formula yang pernah Anda lakukan, revisi sedikit aja dan BOOM! Konversi dan interaksi Anda akan jauh meningkat dan melejit!

Kesimpulan

Jelas kan kalau Instagram Live punya peran yang penting banget buat perkembangan bisnis dari interaksi / engagement Instagram?

Dengan adanya strategi Instagram Live ini, diharapkan Anda bisa menyusul salah satu dari pebisnis cerdas di dunia. Yaps, Instagram hype dan populer banget buat para marketer terbaik di dunia.

Bahkan, statistik Instagram juga membuktikan kalau dia adalah platform yang paling berpengaruh terhadap branding dan konversi marketing.

Instagram Live tanpa followers yang banyak kesannya bakal nggak efektif. Dengan begitu, branding Anda juga bisa makin trusted.

Ditambah lagi, makin banyak followers, makin banyak juga yang bakal melihat Live itu. Artinya, peluang untuk closing juga makin besar.

Untungnya, kini menambah followers bisa jauh lebih cepat dengan Resellerindo. So, Anda nggak kehilangan peluang sebelum traffic itu diambil kompetitor.

Penasaran caranya?

Klik tombol berikut ini untuk membongkar rahasia ini ya.

Mau Coba ...

Just a nerd having obsessed by SEO, Website, Internet Marketing, and SaaS.

shares

Privacy Preference Center