Menu

Login

Daftar

Harga

Download Aplikasi kita

 

Gabung channel telegram kami.

Contact Info
Indonesia (+62) 85812940317 [email protected] Danau Sentani, Malang
Folow us on social
Mindset Sukses Bisnis Online di Instagram

2. Mindset 1: Kenali Personaliti Pebisnis Untuk Sukses Bisnis Online

Bisnis takkan pernah berhasil sebelum Anda kenali personaliti diri sendiri!

Hai, Sahabat Instagram.

Anda mau sukses?

Saya jamin deh semua orang pasti mau sukses dalam hidupnya.

Berjuang demi kesuksesan adalah suatu keharusan untuk merealisasikan harapan dan cita-cita.

Tapi, tau nggak kalau sebenarnya sukses itu nggak cukup dengan berjuang dan bekerja aja?

Hal yang paling penting untuk sukses bisnis adalah kenali personaliti diri Anda sendiri…

Mengenal personaliti diri sendiri ini sangat penting, sehingga tidak seorangpun yang bisa sukses tanpa tahu siapa dirinya.

Bahkan, semua pengusaha dan orang-orang yang sukses dalam bidangnya menemukan kesuksesannya saat mereka sudah mengenal siapa dirinya sepenuhnya.

“Kenali siapa dirimu!”

Inilah kalimat yang pantas banget untuk tiap proses bisnis. Mungkin aja tujuan Anda sama dengan orang lain, yaitu sukses bisnis.

Faktanya, saat cara Anda dan orang lain untuk mencapai kesuksesan itu beda.

Saya punya 2 orang teman sebagai contoh proses bisnis Anda …

Panggil saja Hassan dan Husein. Kedua pemuda ini masing-masing memiliki cita-cita yang tinggi yaitu menjadi pengusaha yang terkenal.

Tapi, cara mereka untuk cita-cita itu beda banget …

… karena kapasitas dan karakteristik mereka beda.

Hassan, seorang yang mudah bergaul dan kharismatik, berusaha mewujudkan cita-cita dan mimpinya dengan cara bergaul dan berteman dengan orang-orang yang sudah sukses.

Dia meneladani bagaimana mereka bisa mewujudkan mimpi mereka dengan berbagai hambatan dan kekuatan yang mereka miliki.

personaliti diri pebisnis online

Sementara Husein yang berkarakter pendiam dan pekerja keras, lebih memilih membaca buku dan menyendiri saat merumuskan apa saja yang harus dikerjakan. Dia merasa akan lebih fokus dan tenang jika sendiri.

Anda tipe pebisnis yang mana? Hasan atau Hussein? 🙂

Entah itu Hasan atau Hussein, nggak perlu khawatir …

… karena tiap kesuksesan itu ada pola dan jejaknya.

Tapi yang terpenting adalah Anda harus bisa mengenali personaliti diri secara penuh dulu …

Prinsip Utama Mengenali Personaliti Diri dalam Bisnis

Bingung caranya?

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi indikasi bahwa Anda berusaha menerapkan prinsip Mengenali Personaliti Diri.

Tentukan Tujuan Hidup Berdasarkan Personaliti Diri!

Apa tujuan hidup Anda?

Kalau saya sih berkomitmen untuk sukses pada usia muda.

Jadi, inilah tujuan hidup saya.

Mengapa tujuan hidup itu penting? Tentunya, Anda sudah bisa menjawabnya sendiri.

Kalau Anda punya tujuan hidup untuk meraih keuntungan, pasti deh Anda akan bekerja keras untuk mewujudkan semua itu. Salah satunya adalah dengan bisnis.

Tapi beda lagi kalau tujuan atau purpose Anda adalah untuk sharing pengalaman dan motivasi, seperti Billy Boen.

Anda punya alternatif untuk menjadi motivator, dan tentor.

tujuan hidup bisnis berdasarkan personaliti diri
Udah menemukan esensi tujuan hidup Anda?

Kalau udah, apa rencana Anda selanjutnya untuk mencapai tujuan tersebut?

Gunakan Personaliti Diri untuk Tonjolkan Personal Brand

Kenal sosok Mario Teguh?

Pasti pikiran Anda langsung mengatakan kalau dia adalah sosok motivator terkenal di Indonesia.

Atau kalau Anda adalah kids jaman now, pasti deh kenal sama Ria Ricis?

Tau nggak apa sebutan bagi cewek cantik ini??

Iyap, betul banget. Dia dikenal sebagai sosok ‘Ratu Squishy‘!

Pertanyaan saya sekarang, kenapa mereka bisa dikenal dengan sebutan dan jabatan tertentu di masyarakat?

Jawabannya hanya ada 1 aja …

… mereka terkenal karena prestasi dalam bidang masing-masing.

Mario Teguh membuktikannya dengan beberapa kesuksesannya dalam bidang pekerjaan, seperti di BIMC sebagai Head Manager, Citibank Indonesia sebagai Head of Sales, dan lainnya.

Artinya, Mario Teguh emang cocok banget sebagai motivator karena prestasinya yang luar biasa.

Tapi, gimana dengan Ria Ricis? Apa strategi yang ia lakukan sama dengan Mario Teguh?

Secara konsep sih sama, tapi beda dalam teknis.

Iya dong, beda generasi, beda teknis dan era! 🙂

Ria Ricis pertama kali terkenal sebagai sosok YouTuber.

Nah, tahun 2016 dia mulai fokus ke Instagram dan hasilnya dia dinobatkan sebagai pemenang Awards Hijabers Selebgram!

Karena hobby-nya main squishy dan nggak pernah ketinggalan dengan mainan spons ini, dia mendapat julukan Ratu Squishy!

Kalau nggak percaya, coba deh lihat Instagram dan YouTube cewek cantik ini!

View this post on Instagram

siapa mau?? pindahan squishy ke kamar. tungguin vlog nya.

A post shared by RICIS (@riaricis1795) on

Nah, dari sini Anda pasti tau apa yang saya maksud tentang personal branding.

Iya, betul banget.

Personal Branding nggak muncul secara tiba-tiba. Tapi, personal branding emang sengaja dibuat sedemikian rupa.

Konsep bisnis online sekarang sih menyatakan kalau personal branding di Instagram ditentukan oleh 2 hal utama, yaitu interaksi Instagram dan jenis konten yang Anda tampilkan.

Temukan Passion

Pernah nggak waktu kecil dulu Anda ditanya orang-orang kayak gini …

“Kamu mau jadi apa kalau udah besar nanti?”

Jawaban Anda pasti deh macam-macam …

… kayak dokter, profesor, dosen, ilmuwan, pengusaha, dan semua pekerjaan yang memang menjadikan kita sukses.

Tak pernah sedikitpun terlintas di benak kita untuk menjadi pengemis, pemulung, dan pengamen.

Kalau sampai ada, berarti ada yang nggak beres dengan diri Anda.

Tapi dalam mencapai cita-cita yang tinggi ini, Anda harus berusaha keras…

… faktanya, kerja keras itu bikin bosan.

Terus, gimana caranya biar nggak bosan?

Tentu aja bekerja dengan passion Anda.

Passion adalah suatu hal yang Anda cintai dan Anda bisa melakukannya dengan senang hati …

… meskipun Anda nggak dibayar.

Gairah yang muncul atas dasar cinta ini akan mendorong Anda untuk mencari tahu, menemukan, dan menjalani passion Anda ini.

Inilah personaliti diri kedua yang paling penting dalam memulai bisnis online di social media, terutama di Instagram.

Eh tapi jangan baper dengan kata-kata “cinta” lho ya … 🙂

Kalau Anda cuman suka sama sesuatu aja, maka Anda nggak akan memulai dan mencari tahu tentang apa yang Anda suka itu.

Menurut Billy Boen, passion adalah faktor X yang memberi Anda energi lebih dan nggak akan menyerah cuman karena rintangan.

Dengan latar belakang inilah, Anda akan selalu berusaha cinta apa yang Anda lakukan.

Kalau Anda bekerja dengan passion, Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

Selain uang, Anda juga akan maksimal dengan apa yang Anda lakukan karena pada dasarnya Anda cinta pekerjaan Anda.

passion untuk sukses bisnis online

Saya nggak maksa Anda buat bekerja sesuai dengan passion sepenuhnya.

Logika sederhananya, apabila Anda bekerja dengan cara atau bidang yang Anda cintai, maka pekerjaan Anda itu akan menjadi lebih bermakna, baik untuk Anda pribadi maupun untuk hasil yang akan Anda sajikan.

Mimpi Besar!

Seperti yang kita bahas tadi, ketika kecil kita sudah punya cita-cita yang besar.

Ada yang ingin menjadi dokter, profesor, dosen, dan jabatan tinggi lainnya.

Apakah ini salah?

Nggak dong!

Justru inilah yang dibutuhkan oleh semua orang, termasuk Anda.

Kalau Anda udah punya pikiran untuk berkata realitas aja yang sesuai dengan keadaan kita saat ini, pasti banyak orang yang nggak bisa mengubah nasib mereka.

Apa jadinya kalau orang-orang yang terlahir dari keluarga yang kurang mampu dari segi finansial bermimpi untuk menjadi pengusaha sukses dan berusaha untuk mencapainya?

Apakah itu salah?

Jika menilik dari keadaannya saat itu, emang nggak realistis banget kan.

Tapi, justru inilah semangat yang harus ada dalam setiap jiwa yang ingin sukses.

Logikanya sederhana saja.

Kalau suatu saat kita mimpi untuk naik 1000 tangga dan mencapai puncak, maka itulah tujuan dan mimpi kita.

Pastinya, kita akan mengerahkan segala kemampuan kita untuk mencapainya, kan?

Kalau nggak bisa mencapai 1000 tangga dalam waktu yang ditargetkan, setidaknya Anda sudah berhasil mencapai 500 tangga.

Pencapaian yang luar biasa!

Impian Keuntungan Bisnis Online

Kenapa saya bilang seperti ini?

Ya, lihat aja orang-orang yang posisinya di bawah Anda.

Mereka yang cuman bercita-cita menempuh 100 saja, mungkin aja udah banyak yang berhasil dalam target itu.

Tapi, dimana posisi Anda? Lebih tinggi atau rendah?

Jadi, semua kembali ke diri Anda.

Jika tujuan Anda begitu tinggi, Anda seharusnya bersyukur …

… karena kegagalan Anda dalam meraih tujuan itu masih lebih baik dari mereka yang sudah berhasil meraih tujuannya yang lebih rendah dari tujuan Anda.

Pegang Motivasi dan inspirasi

Apa yang bikin Anda begitu bergairah dan bersemangat untuk sukses?

Kalau saya dan sebagian besar pebisnis sukses dalam bukunya berkata kunci utama buat sukses adalah motivasi dan inspirasi.

Dalam istilahnya, mungkin kita sering memberikan presepsi yang sama tentang inspirasi dan motivasi.

Tapi pada dasarnya, kedua istilah itu beda.

Inspirasi adalah faktor luar yang memungkinkan Anda untuk tetap menjalani apa yang Anda suka. Mungkin saja, Anda mendapatkannya dari buku, seseorang yang Anda idolakan, atau bahkan teman Anda.

Di sisi lain, motivasi adalah dorongan yang timbul dari dalam diri Anda sendiri. Kenapa Anda bisa melakukan sesuatu dari keinginan yang begitu kuat? Itulah yang kita maksud dengan motivasi.

Jadi, disini yang saya tekankan adalah Anda nggak bisa minta seseorang untuk memberikan motivasi kepada diri Anda.

Alasannya, Anda lah satu-satunya yang mengerti diri Anda dan bisa memberikan motivasi kepada diri Anda sendiri.

Tapi, dalam masalah motivasi dan inspirasi ini, saya hanya memberikan saran untuk selalu menilik pada dua hal paling bermanfaat untuk Anda.

Lihatlah ke atas “Apakah cita-cita dan mimpi besar Anda?”

Hanya dengan inilah Anda bisa terus mengobarkan semangat Anda untuk terus berusaha.

Setidaknya, jika sudah ingat tentang cita-cita ini, Anda tidak akan terbayang untuk lupa dan menjauhinya. Pasti saat itu juga Anda berpikir tentang bagaimana Anda bisa meraih cita-cita itu sedini mungkin.

inspirasi untuk mengenali personaliti diri pebisnis

Dan cara kedua, lihat dan perhatikan ke bawah “Apakah yang Anda takutkan dan Anda benci?” dari kesannya saja sudah terlihat jika Anda tidak akan pernah mendekatinya.

Jika Anda benci dan takut sakit karena sakit akan menunda keberhasilan Anda, setidaknya Anda sudah memiliki metode bagaimana untuk mencegah sakit itu, salah satunya dengan olahraga. Dengan begini, Anda akan berusaha sekuat mungkin untuk tidak sampai terjatuh dalam apa yang Anda benci dan takutkan.

Kesimpulan

Setiap orang sukses pasti meninggalkan sebuah jejak dan pola yang bisa ditiru oleh semua orang yang ingin sukses.

Tapi, hal yang perlu dan sangat penting untuk ditekankan disini adalah gimana Anda bisa berhasil membentuk dan mengenali siapa diri Anda sebenarnya.

Dengan demikian, Anda akan mengerti dan benar-benar memahami bagaimana seorang yang sukses itu sebenarnya timbul dari diri sendiri. Berbekal kenal diri akan menjadi titik tumpu semua orang dalam mencapai kesuksesan.

Jika Anda sudah berhasil mengenali siapa Anda, maka hal penting selanjutnya hanyalah mengembangkan karakter orang sukses dalam hidup Anda.

NB:

Jalan hidup dan pribadi Anda sangat tergantung oleh tujuan hidup. Apapun tujuan hidup Anda, branding jadi titik utama sukses, terutama untuk bisnis.

Perlu Anda tau kalau proses membangun branding itu panjang dan sulit banget. Dengan pengalaman Resellerindo selama 7 tahun di dunia bisnis, kesuksesan Anda akan terjamin …

… kalau Anda ulet dan tekun untuk mengikuti pola kesuksesan ini.

So, selamat bergabung dan salam sukses!

Just a nerd having obsessed by SEO, Website, Internet Marketing, and SaaS.

shares
Balas chat
Halo kak, Ada yang bisa dibantu?